Minggu, 21 November 2010

2 kepala lebih baik dari 1 kepala, 3 kepala??? (sebuah renungan)

kita sering mendengar pernyataan bahwa dua kepala selalu lebih baik dari 1 kepala. namun apakah 3 kepala akan lebih baik dari 2 kepala?
pernyataan diatas berarti menyelesaikan masalah dengan melibatkan banyak orang dan pemikiran akan lebih baik daripada sendiri. hal tersebut tentu kita semua akan sepakat begitu saja. menurut penulis terdpat makna filosofis mengapa digunakan kata "dua kepala" bukan "tiga kepala" dalam terminologi tersebut.
penggunaan makna dua kepala berarti ketika kita menggunakan lebih dari satu pemikiran memang akan lebih baik, namun terlalu banyak pemikiran akan justru menimbulkan efek negativ dalam hasil yang akan dicapai, terlebih lagi njika digunakan pemikir-pemikir yang tidak handal. itu baru dalam hal secara umum.
dalam hal lain yang lebih spesifik, misalnya dalam hubungan cinta sepasang kekasih, baik suami-istri, pacar, dll. ketika kita memiliki konflik atau masalah dalam hubungan antar pasangan, sedapat mungkin diselesaikan dengan melibatkan dua kepala saja, artinya terjadi komunikasi antara kedua belah pihak.
pertanyaan yang sering muncul adalah, lantas "apakah kita tidak boleh curhat?"
curhat merupakan metode lain dalam penyelesaian masalah, namun dalam kasus ini, solusi curhat seringkali justru menjadi bumerang dan memperrumit masalah. karena, dengan adanya curhat pada pihak ketiga, hal itu membuktikan secara tidak langsung bahwa tidak terjadi komunikasi yang baik antar pasangan hingga membutuhkan orang lain. terdapat hal positif yang dapat diambil ketika pihak tempat curhat merupakan pihak yang netral, namun tidak akan menyelesaikan masalah jika pihak tempat curhat bukan merupakan pihak yang netral.
saran penulis, curhatlah pada Sang pemilik alam semesta ALLAH SWT... dengan banyak berdoaa, insyaALLAH smua masalah akan teselesaikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar